Cara Mudah Jalan-Jalan dengan Hewan Peliharaan – TANYA DOKTER HEWAN
Tips jalan-jalan dengan hewan peliharaan tanya dokter hewan

Cara Mudah Jalan-Jalan dengan Hewan Peliharaan

 

jalan-jalan dengan hewan peliharaan Tanya Dokter hewan

Mungkin Anda tidak akan pernah menyangka masa depan Anda. Kesempatan emas tiba-tiba datang kepada Anda, Anda harus berpindah domisili ke luar negeri.Namun Anda memiliki keluarga yang tidak bisa berpisah dengan anda yaitu Anjing atau kucing Anda. Dilemma melanda perlu ditinggal, direlakan untuk di adopsi orang lain, atau Anda bawa serta kesayangan Anda.

Tentu jika anda akan meninggalkan hewan kesayangan Andadengan keluarga lain atau diadopsi orang lain maka Anda harus memastikan kasih sayang yang diberikan harus cukup dan orang tersebut harus kompeten dan sangat menyenangi hewan peliharaan sehingga hewan Anda akan tetap merasa bahagia.

Namun jika Anda berkeputusan untuk membawa serta anjing atau kucing Anda maka banyak hal yang perlu dipersiapkan. Saat ini banyak expat yang tinggal di Indonesia dan ketika masa kerja mereka berakhir mereka akan membawa hewan kesayangan mereka. Bahkan saya pernah menemui expat yang berkeliling dunia membawa hewan peliharaan mereka loh!

Yuk kita check apa saja persyaratannya :

  1. Anda harus meluangkan waktu 4 bulan sebelum kepergian Anda untuk mengurus berbagai hal.
  2. Bagi Anjing atau kucing yang belum dipasangi microchip perlu dilakukan untuk memudahkan identifikasi, berbagai negara pun mensyaratkannya. Beberapa klinik hewan di Indonesia telah melakukan pelayanan pemasangan microchip ini.
  3. Anda harus melakukan check kesehatan hewan anda dan vaksinasi rutin terutama vaksinasi rabies. Pengecekan laboratorium untuk mengecek kadar antibody (titer antibody) terhadap rabies. Hampir seluruh negara mensyaratkan Anjing harus bebas rabies.
  4. Anda harus memiliki surat keterangan kesehatan hewan yang dikeluarkan oleh dokter hewan berwenang.
  5. Anda dapat menggunakan jasa pet transport yang terpercaya untuk melakukan perpindahan hewan kesayangan.
  6. Anda perlu aktif mengunjungi situs resmi departemen pertanian negara tujuan anda . berikut saya berikan tautan dari berbagai negara terkait perpindahan hewan Anda
    1. Eropa : http://ec.europa.eu/food/animal/liveanimals/pets/nocomm_third_en.htm
    2. Australia : http://www.agriculture.gov.au/cats-dogs ; http://www.agriculture.gov.au/cats-dogs/step-by-step-guides
    3. Amerika : http://www.cdc.gov/animalimportation/BringingAnimalToUs.html ; http://www.iata.org/whatwedo/cargo/live-animals/pets/Pages/index.aspx
    4. Jepang : http://www.maff.go.jp/aqs/english/animal/dog/export.html
    5. United Kingdom : https://www.gov.uk/take-pet-abroad

Ingat hewan kesayangan Anda adalah keluarga Anda ! . Treat them  well 🙂